Posted by dekranasdaSultra Categories: Label:
Dra. Hj. Tina Nur Alam
Angkat Citra Kerajinan Dan Tenunan Khas Sultra


Sejak dilantik sebagai Ketua Dekranasda Sultra pada tanggal 18 Februari 2008 silam, Dra. Hj. Tina Nur Alam mulai getol mengangkat citra kerajinan dan kain tenunan khas Sulawesi Tenggara.
“saya prihatin melihat keadaan dilingkungan kita, orang-orang merasa heran dan aneh jika memakai busana dengan motif tenun khas daerah”, katanya prihatin.
Dirinya juga heran tenunan daerah yang akan warna dan motif hanya dipakai oleh orang tua saat ada kegiatan seremonial. Sementara para generasi muda enggan menggunakannya, karena tak mau dibilang kuno. Melihat fenomena tersebut Tina nur Alam berjanji akan merubah persepsi tersebut.

“tenunan sultra yang sangat kaya motif dan ragamnya, muncul ide saya untuk membuka jaringan”, tekadnya.
Jaringan pun mulai dirintis. Mula-mula, dirinya membangun komunikasi yang intens dengan Cita Tenun Indonesia (CTI) yang diketuai oleh Okke Hatta Radjasa. Setelah itu sejumlah kerjasama terus dilakukan termasuk dengan para designer.

“saya sangat yakin tenunan khas daerah Sultra bisa didesain dalam beragam bentuk pakaian, mulai dari pakaian resmi dan semi resmi dengan tetap menjaga pakem, keunikan dan ciri khas”, ujarnya penuh keyakinan.

Tina Nur Alam mengungkapkan, dirinya juga tak pernah berhenti atau merasa bosan untuk memperkenalkan hasil kerajinan daerah Sultra ke sejumlah daerah maupun ditingkat nasional.

Gayungpun bersambut, usaha dan kerja kerasnya tidak sia-sia. Apresiasi yang diberikan masyarakat atas hasil kerajinan dan tenunan daerah Sultra sangat positif.

No Response to "Ketua Dekranasda SULTRA"

Posting Komentar